Sabtu, 09 Februari 2013

ekonomi akuntnasi



A
16-Point Star: A 





EKONOMI AKUNTANSI


1.PERSAMAAN DASAR AKUNTANSI
Akuntansi diartikan sebagai sistem informasi yang mengidentifikasi ,mencatat dan mengomunikasikan peristiwa ekonomi perusahaan kepada pemakai informasi.peristiwa ekonomi yang terjadi pada suatu perusahaan akan memengaruhi keseimbangan aktiva dan pasiva pada periode tertentu .dalam akuntansi ,konsep keseimbangan informasi keuangan dinamakan persamaan dasar akuntansi ,yaitu suatu konsep dasar pencataatn akuntansi sistem berpasangan (double entri ).
Persamaan akuntansi menunjukan sumber aktiva yang dicatat paad sisi pesebrangan dengan pencatatan pasiva .persamaan akuntansi akan selalu menunjukan keseimbangan antara aktiva dan pasiva.dengan konsep ini dapat diketahui  pengaruh posisi keuangan atas transaksi ekonomi sutu perusahaan pada periode tertentu
Aktiva = pasiva
Aktiva = utang + modal
Text Box: Aktiva = pasiva Text Box: Aktiva = utang + modal
 
                                                                atau


2.JURNAL UMUM DAN BUKU BESAR
a.jurnal adalah alat yang digunakan untuk mencatat transaksi ekonomi secara kronologis (urut waktu)disertai keterangan akun akun yang dicatat debit dan kredit.jurnal memudahkan dalam pencatatan transaksi dari buku harian ke akun buku besar dan menjaga keseimbangan jumlah debit dan kredit.
b.pencatatn dalam jurnal
didasarkan pada bukti transaksi berupa faktur ,kwitansi,nota kredit,nota debit,dan memorial post
c.fungsi jurnal
1)      Fungsi historis adalah media untuk mencatat transaksi menurut urutan tanggal kejadian
2)      Fungsi mencatat adalah media untuk mencatat keseluruhan transaksi ekonomi yang terjadi pada perusahaan
3)      Fungsi analisis adalah menganalilis transaksi dalam menentukan besarnya akun yang di debit dan akun yang dikredit.
4)      Fungsi intruktif adalah memerintahkan pencatatn akun debit dan kredit dalam buku besar sesuai jumlahnya.
5)      Fungsi informatif adalah memberikan keterangan mengenai kegiatan usaha perusahaan.
d.buku besar adalah kumpulan akun untuk mencatat perubahan –perubahan transaksi yang didasarkan pada pencatatan buku besar bertujuan untuk mengetahui saldo akhir dari tiap-tiap akun pada satu periode tertentu.buku besar dapat berbentuk dua kolom,tiga kolom,dan empat kolom.
E.posting adalah proses memindahkan ayat-ayat jurnal ke akun buku besar sesuai dengan letak debit dan kredit .pencatatan posting dilakukan berdasarkan nama dan jumlah akun dalam jurnal.
3.JURNAL PENYESUAIAN DAN KERTAS KERJA
a).jurnal penyesuaian adalah jurnal yang dibuat dalam proses pencatatan perubahan saldo akun agar menunjukan saldo sebenarnya pada akhir periode tertentu.ayat jurnal penyesuaian akan memengaruhi akun laba/rugi dan akun neraca.ayat jurnal penyesuaian diperlukan dalam rangka memnuhi konsep penyajian yang wajar(matching concept)
           dan konsep dasar akrual (accrual basic).
b.akun yang disesuaikan adalah pada akhir periode meliputi akun beban dibayar dimuka (prepaid expenses),pendapatan diterima dimuka (unearned revenues),beban yang masih harus dibayar(accrued expenses),dan pendapatan yang harus masih diterima(accrued revenue).
c.kertas kerja merupakan lembar kerja berlajur untuk mengikhtisarkan data akuntansi sehingga mempermudah penyusunan laporan keuangan pada akhir periode.dengan menggunakan kertas kerja,kesalahan perhitungan dapat dihindari dan penyusunan laporan keuangan lebih akurat.
d.jurnal penutup adalah jurnal yang dibuat pada akhir periode akuntansiuntuk mengenolkan akun nominal agar dapat dipindahkan ke akun modal melalui ikhtisar laba/rugi.jurnal penutup berfungsi untuk menghitung laba/rugi perusahaan selama satu periode agar dapat digunakan dalam pembukuan pada periode berikutnya.akun yang perlu ditutup antara lain akun pendapatan ,beban,prive,dan laba/rugi.
4.LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN JASA
a.laporan keuangan adalah catatan informasi keuangan yang menggambarkan kinerja suatu perusahaan pada satu periode tertentu.menurut Standar Akuntansi Keuangan (SAK),
tujuan laporan keuangan adalah menyediakan informasi posisi,kinerja,dan perubahan posisi keuangan,suatu perusahaan pada periode tertentu yang berguna bagi pemakai dalam pengambilan keputusan.
b.karakteristik kualitatif adalah merupakan prinsif utama yang menyebabkan informasi akuntansi bermanfaat bagi pemakainya.pokok laporan keuangan meliputi prinsif dapat dipahami,relevan,keandalan,tepat waktu,dan dapat diperbandingkan.
c.laporan keuangan
1)      Laporan laba/rugi adalah laporan keuangan yang menyajikan akun nominal(pendapatan dan beban)pada periode tertentu.unsur-unsur laporan laba/rugi
a)      Laba/rugi usaha,yaitu pendapatan usaha dikurangi beban usaha;
b)      Laba/rugi diluar usaha adalah pendapatan diluar usaha dikurangi beban diluar usaha
c)       Laba/rugi bersih adalah laba/rugi sebelum pajak dikurangi pajak

2)      Laporan perubahan modal adalah laporan keuangan yang menyajikan perubahan modal selama satu periode tertentu,dipengaruhi oleh transaksi antara lain investasi pemilik usaha,pendapatan,beban,dan pengambilan prive
3)      Neraca adalah gambaran posisi keuangan berupa akun rill(aktiva,kewajiban,dan modal) yang di susun secara sistematis pada satu periode akuntansi.informasi keuangan pada neraca berupa posisi sumber kekayaan dan pembiayaan perusahaan pada sesuatu periode tertentu(triwulan,kuartal,atau tahunan).

B
16-Point Star: B
 








1.JURNAL KHUSUS DAN POSTING KE BUKU BESAR
A.transaksi yang umum dilakukan perusahaan dagang
1)      Pembelian barang dagang
2)      Penjualan barang dagang
3)      Pengiriman kembali barang yang dibeli(retur beli)
4)      Penerimaan kembali barang yang sudah dijual(retur jual)
5)      Pembayaran biaya angkut pembelian
6)      Pembayaran biaya angkut barang yang dijual
b.jurnal  khusus adalah jurnal pada perusahaan dagang yang berguna untuk mencatat transaksi –transaksi yang sejenis .penggunaan jurnal khusus bertujuan untuk meringkas pencatatn terhadap transaksi yang berlangsung pada perusahaan dagang.
1)      Jurnal penerimaan kas adalah jurnal khusus yang berguna utntuk mencatat transaksi  penerimaan uang tunai atau setara uang tunai.contohnya cek,giro pos,giro bilyet,wesel pos,dan traveler cheque.
2)      Jurnal pengeluaran kas adalah jurnal khusus yang berguna untuk mencatat transaksi perusahaan atas pengeluaran secara tunai atau setara uang tunai.
3)      Jurnal pembelian adalah jurnal untuk mencatat pembelian barang dagang dan harta lainnya secara kredit.
4)      Jurnal penjualan adalah jurnal untuk mencatat transaksi penjualan barang dagang secara kredit.
c.jurnal umum adalah jurnal untuk mencatat transaksi pada perusahaan dagang yang tidak dapat dicatat dalam jurnal khusus.misalnya,transaksi retur dan pengurangan harga.
d.rekapitulasi jurnal khusus adalah penjumlahan secara global dari tiap-tiap transaksi  dalam jurnal khusus sebelum di posting(dipindah) ke akun buku besar utama pada periode waktu tertentu.tujuannya adalah memudahkan posting ke buku besar ,menentukan jumlah yang harus diposting,menghidari kesalahan jumlah posting,serta menjamin kebenaran nama akun yang akan di posting.
e.posting adalah suatu proses memindahbukuan akun-akun jurnal khusus kedalam buku besar.proses posting dari jurnal khusus kedalam buku besar harus dilakukan secara bertahap.
f.buku besar utama adalah kumpulan transaksi yang saling berhubungan dan merupakan satu kesatuan yang digunakan perusahaan  dalam menyusun laporan keuangan pada satu periode akuntansi.
g.buku besar pembantu adalah buku besar yang khusus dibuat untuk membantu memerinci lebih lanjut informasi keuangan yang terdapat dalam buku besar utama.
1)      Buku besar pembantu piutang adalah buku yang memerinci akun piutang dagang menurut nama pelanggan dan perpindahan jumlah piutang.buku ini menunjukan saldo piutang dagang pada akhir periode.buku ini terdiri atas satu kolom karena saldo normal piutang adalah disisi debit
2)      Buku besar pembantu utang adalah buku yang memerinci akun utang dagang menurut nama pemasok dan perpindahan jumlah utang.buku ini menunjukan saldo utang dagang pada akhir periode .buku ini terdiri atas satu kolom karena saldo normal utang adalah disisi kredit.
2.LAPOARAN KEUANGAN PERUSAHAAN DAGANG
a.neraca saldo adalah suatu daftar yang berisi saldo-saldo sementara setiap akun buku besar pada suatu  periode waktu tertentu.neraca sisa dibuat pada akhir periode akuntansi.
b.jurnal penyesuaian adalah jurnal yang dibuat dalam proses pencatatan perubahan saldo akun sehingga saldo akun menunjukan jumlah sebenarnaya.pada perusahaan dagang,akun yang bisa disesuaikan antara lain pemakaian beban dibayar dimuka,pemakaian aktiva tetap,pengakuan beban terutang,dan penyesuaian persediaan.

Jurnal penyesuaian untuk persediaan barang dagang bergantung pada sistem akuntansi persediaan yang dipakai.
1)      Sistem persediaan periodik(fisik) dilakukan secara berkala biasanya pada akhir periode.pada sistem periodik ,penyesuaian dilakukan dengan pendekatan ikhtisar laba/rugi dan pendekatan harga pokok penjualan (HPP).jurnal penyesuaia dengan pendekatan ikhtisar laba/rugi hanya menyesuaikan persediaan barang dagang awal dan akhir pencatatan persediaan barang dagang dengan pendekatan HPP melibatkan akun persediaan barang dagang ,pembeliaan dan potongan pembelian.
2)      Sistem persediaan perpetual dilakukan pada saat barang dagangan dibeli atau dijual oleh perusahaaan dagang.
c.kertas kerja adalah alat bantu untuk menyusun laporan keuangan pada akhir periode. Dalam menyelesaikan kertas kerja ,akun ikhtisar laba/rugi dalam kolom penyesuaian dipindahkan ke kolom neraca saldo di sesuaikan (NSD) dan laba rugi tanpak diselisihkan .akun harga pokok penjualan (HPP) dari kolom penyesuaian dipindahkan ke kolom neraca saldo disesuaikan (NSD) dan laba/rugi sebesar saldonya.
3.LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN DAGANG
a.harga pokok penjualan (HPP) adalah biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk mendapatkan barang yang dijual atau harga perolehan. Penghitungan HPP ditetapkan dengan mengurangkan persediaan barang dagang akhir terhadap barang tersedia untuk dijual(BTUD) .persediaan barang dagang akhir ditentukan dengan perhitungan fisik persediaan.
b.laporan laba/rugi adalah menyajikan informasi mengenai pendapatan dan beban selama periode akuntansi.pada laporan laba rugi perusahaan dagang terdapat perhitungan harga pokok penjualan (HPP).jika HPP lebih kecil dari penjualan bersih ,akan diperoleh laba kotor .akan tetapi jika HPP lebih besar dari penjualan bersih diperoleh rugi kotor.perolehan laba/rugi kotor disebabkan jumlah tersebut belum diperhitungkan  dengan beban usaha.
c.laporan perubahan modal  adalah menyajikan perubahan jumlah modal selama satu periode akuntansi.modal bertambah jika laba bersih lebih besar daripada pengambilan prive.modal berkurang jika laba lebih kecil daripada pengambilan prive dan jika terjadi kerugian.
d.neraca dalah laporan yang memuat secara terperinci mengenai harta ,utang,dan modal suatu perusahaan pada periode tertentu.laporan neraca berguna sebagai informasi  bagi pemakai dalam menentukan kebijakan terkait masa depan perusahaan.
4.JURNAL PENUTUP
a.jurnal penutup merupakan jurnal yang dibuat pada akhir periode akuntansi untuk menutup akun sementara,akun pembantu modal,dan akun modal.jurnal penutup dibuat untuk mengenolkan akun nominal dan mengikhtisarkan pos-pos yang memengaruhi modal selama periode akuntansi.akun akunyang perlu ditutup antara lain pendapatan,beban,laba/rugi,dan pengambilan prive
b.penutupan aku dan jurnal penutup
1)        Memindahkan Saldo Akun Laba/Rugi Bersaldo Kredit Ke Ikhtisar Laba/Rugi
Digunakan untuk menutup akun penjualan ,retur pembelian dan pengurangan harga,serta pemotongan pembelian.penutupan dilakukan dengan cara mendebit akun-akun tersebut dan mengkredit akun ikhtosar laba/rugi.
2)        Memindahkan Saldo Akun Laba/Rugi Bersaldo debit Ke Ikhtisar Laba/Rugi
Digunakan untuk menutup akun potongan penjualan,retur penjualan,dan pengurangan harga,pembelian serta beban.penutupan dilakukan dengan cara mendebit akun ikhtisar laba/rugi dan mengkredit akun  akun tersebut.
3)        Memindahkan Laba/Rugi Bersih Ke Akun Modal
Memindahkan saldo akun ikhtisar laba/rugi disisi debit dan mencatat saldo modal disisi kredit.akun ikhtisar laba/rugi juga memuat ayat jurnal penyesuaian persediaan .pencatatannya dilakukan dengan cara mendebitakun persediaan dan mengkredit akun ikhtisar laba/rugi.
4)        Memindahkan Akun Prive Ke Akun Modal
Penutupan akun prive dilakukan dengan cara mendebit akun modal dan mengkredit akun prive.
c.neraca sisa setelah penutupan adalah susunan akun rill akhir periode setelah dilakukan penutupan dan sebagai neraca awal periode akuntansi berikutnya tujuannya untuk mengadakan kontrol terhadap buku besar pada akhir periode yang akan digunakan sebagai dasar pembukuan periode berikutnya.












Persamaan dasar akuntansi
Rumus dasar akuntansi
H =   U   +   M
Text Box: H =   U   +   M
 


                                                                      
Ket:    harta = utang + modal

Harta                      aktiva
utang                     passiva

1.       Harta aktiva
*      Aktiva lancar adalah harta yang terus mengalir
Kas
Piutang(tagihan)
Perlengkapan
Utang(kewajiban)
Perlengkapan (jangka waktu pemakaiannya lebih dari satu tahun /jangkan lama)
*      Aktiva tetap adalah modal yang tetap
Mesin
Gedung
Peralatan
Akumlasi penyusutan(-)
Dll
2.       Utang (passiva)
*      Utang
*      Modal

Neraca adalah tingkatan
Prive adalah mengambil kepentingan pribadi

Text Box:    Debet(D)
   Kredit(K)
Text Box:    Kredit(K)
   Debet(D)
                                                     H = U + M







1.Aktiva lancar                                                                                                    pasiva
Kas
Piutang(tagihan)
Perlengkapan                                                                                                utang
Utang(kewajiban)
      Perlengkapan
     dll
2.Aktiva tetap
Mesin
Gedung                                                                                                           modal
Peralatan
Akumlasi penyusutan(-)
Dll


Ini disebut skontro adalah sebelah menyebelah
Aktiva





Jumlah aktiva



Passiva


V

M


Jumlah palitan





5000











                                                5000

Ini dsebut
 stavel ialah bentuk halaman



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar